Saturday, December 11, 2010

Hapus Virus di Flasdisk Lewat CMD (DOS)

Untuk menjelaskan sedikit cara menghapus virus yang ada di flashdisk melalui Command Prompt. Ini juga dari hasil penelusuran saya di halaman rumah om google dan menemukan beberapa forum yang membahas ini yang akhirnya saya satukan untuk bisa lebih jelas dan ringkas untuk dipahami. Sebenarnya sih untuk menghapus bisa aja menggunakan anti virus yang kebanyakan orang pake. Tapi ya sudahlah langsung aja kita bahas cara menghapus virus lewat CMD berikut..

1. Colok Flash Ddisk yg terinfeksi.
    >> Pas nyolokin flash disk, langsung tekan+tahan tombol shift kiri untuk menonaktifkan fungsi autorun

    kira-kira 5 detik setelah itu lepasin tombolnya.
2. Lihat di my computer, flash disknya ada di mana ..misal di F:\
3. Start -> run -> ketik cmd
4. Masuk ke direktori flash disk misal direktori ada di F:\
    Anda tinggal mengetik "F:" (tanpa kutip)
5. Ketik "attrib" (tanpa kutip)
6. Biasanya virus di flash disk punya file yg namanya "autorun.inf" & biasanya attributnya system, hidden, read

    only (SHR) untuk melepas attribut itu anda ketik "attrib -s -h -r autorun.inf" (tanpa kutip)
7. setelah attribut terlepas,, baru deh di hapus..
    "del autorun.inf" (tanpa kutip)
8. Nah sekarang tinggal cari virusnya (yg ini kudu pake naluri,,
    karena masing-masing virus berbeda namanya.
    misal nama virusnya abc.exe
9. Anda ikutin langkah no 6 tadi tapi autorun.inf nya di ganti dengan nama virus trus di hapus pake langkah 

    no7 (del namavirus.exe)


Remove flash disk dan colokin lagi, kalau masih ada juga berarti komputer anda sudah dihuni oleh virus juga sebelum flash dick anda colokin.

ALTERNATIF

Selain menngunakan perintah "attrib" jg bisa menggunakan perintah "taskkill" yg gunanya untuk mematikan proses file, contoh pada kasus virus Kang.O pd tahun 2006 yg berjalan pada system.exe

Klik [Start] [Run]
Ketik [cmd]
Matikan proses ”system.exe” dengan menggunakan perintah Taskkill dengan mengetikkan [taskkill /f /im system.exe], dan tekan enter


No comments:

Post a Comment